130.KENAPA ORANG MATI KOK DI ADZANI


Ada yg menngatakan tdk boleeh, tp ada jg yg membolehkannya spert pendpt IBNU HAJAR.

ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﻦ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﻋﻨﺪ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﻘﺒﺮ، ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﻦ ﻗﺎﻝ ﺑﻨﺴﺒﺖﻩﻗﻴﺎﺳﺎ ﻟﺨﺮﻭﺟﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻋﻠﻰ ﺩﺧﻮﻟﻪ ﻓﻴﻬﺎ. ﻗﺎﻝ ﺇﺑﻦ ﺣﺠﺮ:ﻭﺭﺩﺩﺕﻩ ﻓﻰ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻌﺒﺎﺏ، ﻟﻜﻦ ﺇﺫﺍ ﻭﺍﻓﻖ ﺇﻧﺰﺍﻟﻪ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺃﺫﺍﻥ ﺧﻔﻒﻋﻨﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ.ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺐﻳﻦ ﺟﺰ 1ﺹ 230"Ketahuilah bahwasanya tidak disunnahkan ADZANketika masuk kubur, berbeda dengan orang yangmenishbatkan azan karena meng-qiyas-kan meninggaldunia dengan lahir ke dunia.

Ibn Hajar berpendapat: "Saya menolak pendapat inidalam kitab Syarah al'Ubab. Tetapi ketika jenazahditurunkan ke dalam kubur bersamaan dengandikumandangkannya adzan maka jenazah tersebutdiringankan dari pertanyaan kubur"._____________________________________________Hukum adzan pada telinga kanan dan iqomat padatelinga kiri pada telinga bayi yang baru lahir hukumnyasunnah, gunanya agar bayi trsbt selamat darigangguan ummish shibyan (sebangsa kuntilanak ataukaong wewe)."Aku melihat Rosulullah, melakukanadzan pd telinga sayidina Hasan ketika di lahirkan olehsyayidah Fatimah dgn adzan shalat, hadits ini adalahshoheh"(Sunan Tirmidzi juz 1 hal 36)."barangsiapa yg melahirkan seorang anak, laluditelinga kanannya dibacakan adzan dn ditelingakirinya dibacakan qomat maka anak trsbt tidak akndiganggu oleh ummi syibran".(I'anatutholibin juz 2 hal 338).Bagaimana dgn orang yg meninggal ?Hukumnyamengadzani atau mengqomati org yg mati ketikadimasukan ke dlm qubur para ulama berbedapendapat:1. Ada yg berpendapat sunah2. Ada ygberpendapat tidak sudah.3. Majlis tahkim memilihpara ulama yg brpendapat sunah, pertimbanganbahwasany hal trsbt telah dilakukan olh para ulama drisemenjak dlu sampai skrg."Dan tdk disunahkan adzanketika menurunkan mayat kdlm qubur, pendapat iniberbeda dgn ulama mengatakan sunah diqiyaskan(analog) dgn lahirnya manusia kedunia."(bajuri juz 1 hal 161) ket sama dlm I'anatutholibin juz 1hal 230 dan Iqna juz 2 hal 284.Ket Tuhfatul muhtaz juz 1 hal 461 :"Dan sesungguhnyadzan dn iqomah ada digunakan utk shalat.. Memangbetul demikian, tetapi kadang bisa di gunakan utkselain sholat, seperti utk mengadzani anak yg barulahir, orang yg bingung, pingsan, sedang marah, jelekkelakuannya baik dari manusia atau dari hewan,jugabiasa dilakukan ketika berkecambuk perang, ketikakebakaran, dan menurut sebagian ulama demikianjuga ketika menurunkan mayat ke lubang lahatdisamakan kpd waktu dilahirkan biasa diadzani, tapiqiyas ini di dlm kitab Al 'ubad diralat kembali, dandisunahkan kembali ketika mengamukny jin, karenaada hadits shoheh yg menerangkan"Wallaahu A'lamu Bis Showaab